0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peringati Kartini, Sekolah Ini Beri Kebebasan Siswa Berkreasi

Tari Kreasi. Salah satu kegiatan yang dilombakan pada Hari Kartini di SMK Citra Medika Sragen (foto: Agung)

Sragen – Berbagai kegiatan digelar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Citra Medika Sragen. Mulai dari cek kesehatan gratis, pembagian sembako, pameran produk kesehatan hingga lomba fashion show. Selain untuk menumbuhkan daya kreatif siswa, kegiatan ini juga digelar untuk mengenang perjuangan dan jasa pahlawan wanita RA Kartini.

“Kita sengaja membuat program-program yang kreatif yang berkaitan dengan kesehatan dan sosial. Seperti donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis dan Baksos. Semua ini untuk mengenang nilai perjuangan dari Kartini,” kata Kepala SMK Citra Medika Sragen, Nano Priyanto, Jumat (21/4).

Kepada Timlo.net Nano menyampaikan, pihaknya menyiapkan sekitar 45 paket sembako yang dibagikan kepada warga kurang mampu di Kelurahan Nglorog yang berada di sekitar sekolah. Para siswa yang telah dididik soal kesehatan juga memberikan pelayanan cek kesehatan gratis kepada warga dan pengunjung di SMK Citra Medika. Mulai dari cek gula darah, asam urat dan kolesterol.

Dijelaskan Nano, kegiatan ini sekaligus untuk mendidik siswa untuk berkreasi baik dari segi akademis, sikap ataupun seni. Karena di Hari Kartini itu juga digelar lomba fashion show dan tari kreatifitas antar kelompok yang seluruh gerakannya mereka ciptakan sendiri.

Menurutnya kegiatan Hari Kartini tersebut bakal berlangsung selama tiga hari. Pada Sabtu, pihaknya juga menggelar pengajian Campur Santri yang didatangkan dari Surakarta.

Kemudian hari Minggu, seluruh siswa bakal digerakkan untuk jalan sehat mulai dari sekolah di Nglorog hingga Alun-alun Sasono Langen Putro sambil membawa sepanduk dan pamphlet untuk dibagikan kepada masyarakat.

Salah satu siswa Kelas XI, Nadia Erlinia Agustin (17) menuturkan, pemakaian kebaya Adat Jawa dalam Hari Kartini dinilainya untuk mempertahan pakaian tradisional agar tidak luntur. Selain itu walau sama-sama memakai kebaya, namun para siswa diberi kebebasan untuk berkreasi dalam model pakaian yang dikenakan.

“Yang penting nilai-nilai tradisionalnya tidak hilang,” ujarnya.

Sementara Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMK Citra Medika, Pratowo Sejati menambahkan, pihaknya berhasil mengumpulkan 22 kantong darah dari kegiatan donor darah yang dilakukan. Peserta donor darah mulai dari guru, karyawan, warga sekitar dan siswa yang telah memenuhi syarat untuk donor.

“Target kita sebenarnya 30 kantong darah, tapi ini tadi berhasil kita kumpulkan 22 kantong darah. Kita kerjasama dengan PMI,” terangnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge