0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Facebook Uji Drone Helikopter yang Sediakan Akses Internet

Drone helikopter Facebook. (Dok: Timlo.net/ Facebook.)

Timlo.net—Dalam situasi darurat di mana infrastruktur rusak, komunikasi adalah sesuatu yang penting. Salah satu cara yang kita gunakan untuk berkomunikasi di zaman modern ini adalah internet. Tapi jika internet mati, lantas bagaimana kita berkomunikasi? Sekalipun ada cara lain untuk berkomunikasi, Facebook mencari metode untuk membuat koneksi internet tetap hidup.

Sebelumnya, Facebook menguji ide menyalurkan koneksi internet menggunakan drone. Baru-baru ini, Facebook mengumumkan jika mereka menguji drone helikopter baru yang bisa melakukan hal yang sama. Perbedaan utamanya drone helikopter ini bisa melayang di udara hingga berbulan-bulan.

“Dalam situasi di mana penyebaran yang cepat diperlukan-misalnya saat bencana alam, saat infrastruktur rusak atau hancur tapi kabel fiber masih bekerja—kami mengembangkan apa yang kami sebut Tether-tenna. Itu adalah sebuah helikopter kecil yang terhubung dengan kabel fiber dan listrik—pada dasarnya infrastruktur instan. Jika kabel fiber tetap berfungsi dalam beberapa titik, kita bisa membuat menara virtual dengan menerbangkan sebuah Tether-tenna beberapa ratus kaki dari tanah. Saat selesai, teknologi ini bisa disebar segera dan beroperasi hingga berbulan-bulan dalam sekali waktu untuk membawa konektivitas dalam kasus darurat—memastikan komunitas lokal bisa tetap terhubung sedangkan konektivitas di tanah diperbaiki,” tulis Facebook.

Akan tetapi, Facebook menyatkan jika drone helikopter Tether-tenna ini masih dalam tahap awal. Masih diperlukan waktu yang lama untuk melihat hal ini diterapkan segera.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge