0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

E-Retribusi Pasar Klewer Jadi Pilot Project Pasar Tradisional

Persiapan peresmian Pasar Klewer (dok.timlo.net/indira)

Solo — Penerapan e-Retribusi di Pasar Klewer bakal dijadikan pilot project di pasar tradisional di Indonesia. Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menilai, retribusi elektronik mampu menekan kebocoran karena lebih transparan.

“Ini nanti jadi pilot project buat daerah lainnya,” kata Mendag Enggartiasto, di sela-sela  Peresmian Pasar Klewer, Solo, Jumat (21/4).

Saat ini, lanjut dia, telah disiapkan penerapan e-Retribusi bagi pedagang. Penerapannya akan diberlakukan pada 1 Mei 2017 mendatang. Selain itu, Enggar juga menyanjung kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Solo selama pembangunan Pasar Klewer

“Saya salut dengan kinerja Pemkot Solo selama pembangunan pasar darurat sampai pasar permanen. Selama dua tahun menempati pasar darurat pedagang tidak ditarik retribusi. Tidak semua daerah mau seperti itu,” kata dia.

Sekadar informasi, Pasar Klewer yang merupakan pasar garment terbesar di Jawa Tengah terbakar akhir tahun  2014 lalu. Pembangunan kembali dikerjakan bertahap sejak 2015. Tahap pertama Kemendag mengucurkan anggaran senilai Rp61,8 miliar. Paket proyek pekerjaan tahap I meliputi, struktur bangunan basement dan semi basement.

Sedangkan 2016, Kemendag mengucurkan anggaran Rp 96 miliar untuk penyelesaian pembangunan Pasar Klewer. Namun dari pagu tersebut sesuai hasil lelang anggaran yang digunakan hanya R p81 miliar. Dengan paket pekerjaan merampungkan pembangunan lantai 1 dan lantai 2.

“Kami juga akan melanjutkan pembangunan Pasar Klewer Timur. Saat ini Kemendag masih menghitung kebutuhan anggaran untuk merevitalisasi Pasar Klewer Timur,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge