0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wakil Ketua PN Kudus Raih Doktor ke 263 UNS

Wakil Ketua PN Kudus, Henny Trimira Handayani ujian doktor di UNS (doktimlo.net/tyo eka)

Timlo.net — Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1B Kudus Henny Trimira Handayani meraih gelar doktor ke 263 Universitas Sebelas Maret (UNS). Henny Trimira berhasil lulus dengan predikat sangat memuaskan.

“Disertasi saya berjudul Rekonstruksi Paradigma Pemikiran Hukum Dalam Mengadili Perkara Pidana,” ungkap Henny di depan Dewan Penguji yang dipimpin Prof Dr M Furqon Hidayatulla MPd, di ruang sidang senat UNS, Jumat (21/4).

Dalam penelitiannya, Henny menyimpulkan, dalam mewujudkan pemikiran hukumnya, hakim tidaklah bersifat merdeka atau independen. Hakim tidak serta merta dapat mewujudkan kehendaknya dalam pemikiran hukum.

Menurut Henny, beberapa aspek telah berpengaruh dalam mewujudkan paradigma pemikiran hukum hakim. Aspek-aspek tersebut telah bekerja dalam wujud perilaku legal model yakni perilaku hakim yang ketika membangun opininya hanya berdasarkan penafsiran murni peraturan perundang-undangan, ataupun perilaku attitudinal model dalam pengertian moderate legal positivist dimana hakim secara bebas menurut pemikirannya mewujudkan nilai-nilai tertentu.

Dalam disertasinya, Henny merekomendasi, guna memberikan putusan yang berkeadilan, hakim diharapkan meningkatkan kemampuannya melalui jalur formal maupun sosialisasi-sosialisasi untuk dapat mengenali isu hukum dengan baik dan menerapkan moral justification dengan tepat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge