0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Satpol PP Tangkap Tangan 11 Pembuang Sampah Sembarangan

Satpol PP menangkap basah pelaku pembuangan sampah sembarangan (Istimewa)

Karanganyar — Jengah dengan praktik tak bertanggungjawab pembuangan sampah di bahu jalan, Satpol PP Karanganyar menggelar operasi tangkap tangan pelakunya. Hasilnya, 11 warga disanksi wajib lapor ke kantor Satpol PP gara-gara ketahuan membuang sampah sembarangan di bahu Jalan Karanganyar-Solo yang berbatasan wilayah Sapen, Mojolaban, Sukoharjo.

“11 Warga itu asal Sapen, Jaten dan Karanganyar Kota. Mereka ketahuan melempar kantung sampah sampai berserakan di bahu jalan. Petugas menangkapnya lalu mengamankan KTP mereka. Dapat diambil lagi setelah lima hari wajib lapor,” kata Sekretaris Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Karanganyar, Kurniadi Maulato kepada wartawan, Kamis (20/1).

Operasi itu digelar selama empat hari dengan menerjunkan 20 anggota di sepanjang ruasnya mulai depan SMPN 1 Jaten sampai RS Jati Husada. Para anggota Satpol mengenakan pakaian warga sipil supaya tidak mencolok. Operasi pengintaian itu berlangsung malam sampai pagi hari.

“Anggota mencegat orang buang sampah di situ. Kebanyakan warga perumahan di utara dan selatan jalan. Ada pula warga Gayamdompo, Karanganyar Kota yang sambil lewat naik sepeda motor lalu melemparkannya ke situ,” katanya.

Sanksi wajib lapor tergolong ringan daripada hukuman sesungguhnya perbuatan itu. Sesuai Perda no 26 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Trantib, pelaku pembuang sampah sembarangan didenda Rp 20 juta atau kurungan penjara 2 bulan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge