0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pakubuwana XIII Tidak Bagikan Gelar Tahun Ini

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (dok.timlo.net/red)

Solo – Keraton Surakarta tidak akan mengadakan pembagian gelar kehormatan (kekancingan) pada Tingalan Jumenengan Dalem Pakubuwana Sabtu (22/4) mendatang. Keputusan tersebut diambil panitia dengan berbagai pertimbangan setelah melihat perkembangan beberapa hari terakhir.

“Perlu kami sampaikan, untuk Tingalan Jumenengan Dalem tahun ini Sinuhun tidak akan memberikan kekancingan (gelar kehormatan) kepada siapa pun,” kata Humas Panitia Tingalan Jumenengan Dalem Pakubuwana XIII, KP Bambang Pradatanagoro, Rabu (19/4).

Keterbatasan waktu menjadi kendala utama bagi Pakubuwana XIII untuk membagikan gelar. Seperti diberitakan, persiapan Tingalan Jumenengan dari Pakubuwana XIII baru berjalan optimal awal pekan ini. Sebelumnya, Pakubuwana XIII dan Tim Lima yang dibentuknya sibuk mengambil alih Keraton Surakarta dari Lembaga Dewan Adat yang digawangi adik-adik raja.

“Kondisinya juga sedang seperti ini. Kita sudah tidak sempat mengurus pembagian gelar. Yang penting sekarang kita fokus ke Tingalan Jumenengan,” kata dia.

Sudah menjadi tradisi Keraton Surakarta, Raja membagikan kekancingan untuk orang-orang yang dianggap berjasa bagi masyarakat umum maupun Keraton saat peringatan kenaikan tahtanya. Momen tersebut sering ditunggu para abdi dalem yang mendapat giliran kenaikan pangkat. Namun sejak 2013 lalu, Pakubuwana XIII tidak pernah membagikan gelar kehormatan. Meski demikian, acara penyerahan kekancingan tetap dilaksanakan oleh Lembaga Dewan Adat tanpa persetujuan Pakubuwana XIII.

“Sampai hari ini kita juga belum menerima permohonan gelar. Abdi dalem juga tidak ada yang protes,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge