0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panitia Tingalan Jumenengan Undang Jokowi – JK

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo didampingi sejumlah Kepala Dinas meninjau lingkungan Keraton Surakarta untuk persiapan Tingalan Jumenengan, Rabu (19/4) (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo – Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo meninjau lokasi Tingalan Jumenengan Pakubuwana XIII di lingkungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Rabu (19/4). Peninjauan dilaksanakan untuk memastikan kelancaran acara peringatan kenaikan tahta Raja Keraton Surakarta yang rencananya diselenggarakan Sabtu (22/4).

“Kita persiapan Tingalan Jumenengan. Kita lihat apa saja yang harus disiapkan,” kata Walikota Hadi Rudyatmo di sela peninjauan.

Rudy –sapaan akrab Walikota Solo, didampingi sejumlah Kepala Dinas di jajaran Pemkot Solo berjalan kaki dari Balaikota Solo menuju Keraton Surakarta. Sepanjang perjalanan, Walikota berhenti di beberapa titik seperti di Gapura Gladag, di depan Alun-alun Utara, dan Supit Urang. Di lokasi-lokasi tersebut, ia berkoordinasi dengan para pejabat. Tak hanya di sekitar Keraton, Rudy juga masuk ke dalam Keraton untuk mengetahui kondisi saat ini.

“Ada beberapa titik yang harus ditata dan dirapikan,” kata dia.

Penataan dilakukan oleh Pemkot dengan mengerahkan dinas-dinas terkait. Secara fisik, ada beberapa titik yang harus diperhatikan seperti penataan pedagang pasar dan kaki lima, pembenahan paving block di kawasan Gladag dan Alun-alun, dan pengecatan gapura. Tak hanya itu, Pemkot juga menyiapkan kantong-kantong parkir bagi para tamu dan rekayasa lalu lintas untuk pelaksanaan Tingalan Jumenengan.

“Hari ini langsung kita kerjakan. Besok Jumat semuanya sudah selesai,” kata dia.

Untuk diketahui, acara Panitia Tingalan Jumenengan mengundang sekitar 2000 tamu dari kerabat, abdi dalem, dan tamu-tamu kehormatan lain. Dari Kalangan Pejabat, Panitia mengundang Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), sejumlah menteri dan mantan menteri.

“Catur Sagatra (Empat Kerajaan Mataram, Kasultanan Yogyakarta, Kasunanan Surakarta, Pura Mangkunegaran, dan Pakualaman) juga kita undang semua,” kata Humas Panitia Tingalan Jumenengan, KP Bambang Pradotonagoro.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge