0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dukung Tingalan Jumenengan, Pemkot Libatkan Sederet OPD

Rombongan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo berjalan menuju Keraton Surakarta dari Balaikota Solo, Rabu (19/4) (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pemerintah Kota Solo mendukung penuh penyelenggaraan Tingalan Jumenengan Dalem Pakubuwana XIII. Rapat Koordinasi penyelenggaraan upacara peringatan Kenaikan Tahta Raja ke-13 Keraton Surakarta itu melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah. Rapat digelar tertutup di ruang rapat Sekretaris Daerah, Rabu (19/4).

“Itu sudah protap (prosedur tetap). Semuanya kita siapkan dan diantisipasi,” kata Sekretaris Daerah Kota Solo, Budi Yulistianto usai rapat.

Budi menerangkan keterlibatan sejumlah besar OPD Pemkot Solo merupakan hal yang wajar. Pasalnya, Tingalan Jumenengan merupakan acara penting yang membutuhkan waktu panjang. Namun waktu persiapan terpangkas karena adanya konflik internal keluarga keraton.

“Yang harus disiapkan kan banyak. Ada pedagang yang harus ditata, kebersihan lingkungan, lalu lintas, dan hal-hal lain yang harus diantisipasi,” kata dia.

Dipimpin Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, rapat dimulai pukul 08.30 WIB. Pertemuan tersebut dihadiri sejumlah kepala OPD yang terkait, Dinas Perhubungan, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perdagangan, dan Pemadam Kebakaran. Dari pihak Keraton, tampak Humas Panitia Tingalan Jumenengan, KP Bambang Pradotonagoro.

“Kepanitiaan dibagi menjadi dua bagian, eksternal dan internal. Kita kebagian yang eksternal. Yang internal, seperti menyiapkan undangan, upacara-upacara, dan ritual diurusi kepanitiaan internal keraton,” kata Sekretaris Daerah Kota Solo, Budi Yulistyanto usai rapat.

Usai pertemuan, Walikota didampingi sejumlah Kepala Dinas langsung meninjau lokasi di kawasan Keraton Surakarta. Rombongan berjalan kaki dari Balaikota Solo ke Keraton untuk melihat kondisi lingkungan di sekitar Keraton.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge