0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Masalah Pengosongan Keraton, Dewan Adat Gugat Tim Lima

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (dok.timlo.net/gg)

Solo — Lembaga  Dewan Adat kembali melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri (PN) Solo terkait surat No.01/Satgas.PN/III/2017 tanggal 23 Maret tentang himbauan dan perintah pengosongan secara fisik tanah dan bangunan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat berikut segala kelengkapannya yang ada di dalamnya. Gugatan ditujukan kepada Pakubuwono XIII lantaran dinilai melakukan tindakan melawan hukum.

“Ada 11 penggugat yang memasukan gugatannya terkait surat No.01/Satgas.PN/III/2017 tanggal 23 Maret,” kata Kuasa hukum pengguat, Sigit N Sudibyanto, Selasa (18/4) siang.

Sigit mengaku, 11 penggugat tersebut diantaranya GKR Timoer Rumbai Kusuma Dewayani, KP Eddy Wirabumi, KP Winarno Kusumo, BRM Sardiatmo Brotodiningrat, BRM Djoko Marsaid, KPPA Widjoyoadiningrat, KRMH Satonojati, GKR Wandansari, GKR Sekar Kencono, GKR Retno Dumilah, dan GKR Ayu Koes Indriyah. Sementara itu, tergugat dalam kasus ini adalah Tim Lima bentukan PB XIII.

“Kemarin sudah kami daftarkan ke PN Solo,” terang Sigit.

Menurutnya, surat pengosongan Keraton Solo yang dibuat oleh Tim Lima sudah bertentangan dengan hukum. Akibat adanya surat tersebut situasi didalam Keraton makin tidak kondusif. Ditambah, pembongkaran pagar pembatas juga bertentangan dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 23/1988 tentang Status dan Pengelolaan Keraton Solo dan UU Nomor 11/2011 tentang Cagar Budaya.

Sementara, Kuasa Hukum Tim Lima, Ferry Firman Nurwahyu, mengatakan apa yang dilakukan Tim Lima sudah sesuai prosedur hukum sehingga tidak perlu dipersoalkan. Keppres Nomor 23/1988 sangat jelas kalau Sinuhun PB XIII memiliki hak penuh sebagai seorang Raja di Keraton Solo.

“Sudah tersebut sudah seharusnya dan menurut saya tidak ada yang salah (bertentangan dengan hukum). Kalau beliau (Sinuhun-red) minta kepada Dewan Adat melakukan pengosongan, itu sudah wajar karena perintah raja,” katanya singkat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge