0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Ulang Tahun Kenaikan Tahta, Kesehatan PB XIII Menurun

Pakubuwono XIII (dok.timlo.net/red)

Solo – Beberapa hari menjelang pergelaran Tingalan Jumenengan Dalem Pakubuwana (PB) XIII, kondisi kesehatan Raja Keraton Surakarta itu justru menurun. Hal ini disampaikan salah satu Staf Eksternal Tim Lima atau Panca Narendra bentukan raja, GPH Suryo Wicaksono, Selasa (18/4).

“Kondisi Sinuhun Hangabehi saat ini sedang tidak sehat,” kata GPH Suryo Wicaksono, saat dihubungi Timlo.net melalui telepon.

Meski demikian, Tim Lima tetap menyiapkan acara peringatan kenaikan tahta raja itu. Nenok, sapaan akrab Suryo Wicaksono, mengatakan Raja harus tetap hadir pada Tingalan Jumenengan Dalem yang rencananya diselenggarakan 22 April mendatang itu. Pakubuwana XIII akan duduk di tahtanya saat Tari Bedhaya ditampilkan.

“Kita masih rapat koordinasi. Ada beberapa opsi untuk mengatasi masalah itu,” kata dia.

Nenok menyebutkan salah satu opsi yang akan ditempuh yaitu raja akan menghadiri dengan kursi roda. Hanya saja dengan menggunakan kursi roda, Raja Keraton Surakarta itu tidak bisa duduk di dampar kencana (singgasana). Pasalnya, singgasana raja tidak memiliki sandaran.

“Kalau pakai kursi roda nanti Beliau duduk di belakang. Tidak di dampar. Beberapa alternatif sedang kita kaji,” kata dia.

Hal senada disampikan Ketua Satgas Panca Narendra, KGPH Benowo beberapa waktu lalu. Menurutnya, kehadiran raja duduk di singgasana merupakan inti acara Tingalan Juemengan.

“Apa pun yang terjadi, raja harus duduk di tahtanya. Walaupun tidak bisa berjalan, kan bisa digendong atau bagaimana,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge