0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jumenengan Tinggal Menghitung Hari, Tim Lima Masih Cari Penari

Ilustrasi ()

Solo – Pergelaran Tingalan Jumenengan Dalem Pakubuwana XIII tinggal menghitung hari. Namun sampai saat ini, Tim Lima alias Panca Narendra bentukan Raja belum juga mendapatkan kelompok penari Bedhaya Ketawang.

“(Penari) yang kemarin itu kan masih dalam pengaruh Lembaga Dewan Adat,” kata Staff Eksternal Tim Lima, GPH Suryo Wicaksono atau akrab disapa Nenok saat dihubungi Timlo.net, Selasa (18/4).

Menurut Nenok, saat ini Tim Lima masih menyiapkan tari Bedhaya Ketawang yang merupakan bagian penting dari acara Tingalan Jumenengan. Panitia penyelenggara masih mencari sembilan orang untuk menampilkan tarian sakral tersebut.

“Kita masih membicarakan apakah nanti kita cari penari sendiri atau bisa juga koalisi dengan yang sudah ada (tim yang disiapkan Lembaga Dewan Adat). Itu kalau mereka mau,” kata cucu Pakubuwana XII itu.

Nenok mengakui dengan waktu yang tersedia, persiapan Tingalan Jumenegan Dalem yang ke-13 tidak akan bisa sempurna. Namun demikian, pihaknya berupaya optimal agar upacara peringatan kenaikan tahta raja itu bisa terselenggara dengan baik.

“Banyak sekali ritual yang harus dijalankan. Undangan-undangan juga harus kita siapkan. Tapi yang penting Raja jumeneng(duduk di tahta) dan ada Tari Bedhaya,” kata dia.

Ia menambahkan, pihaknya akan segera mengadakan latihan Tari Bedhaya Ketawang bila penari sudah lengkap. Latihan akan diadakan di Pendapa Sasana Sewaka bila memungkinkan.

“Rencananya nanti malam kita sudah latihan kalau penarinya lengkap,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge