0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Cara Mudah Ketahui Jika Anda Dehidrasi

Perasan air jeruk. (Dok: Timlo.net/ blackmoonejuice.com)

Timlo.net—Salah satu pertanyaan yang sering diajukan orang ada berapa banyak air yang harus dia minum setiap harinya? Biasanya kita disarankan minum air dua liter per hari. Tapi beberapa ahli kesehatan memberikan pendapat berbeda terkait jumlah air yang harus kita minum.

Menghindari dehidrasi (kekurangan air) itu penting. Tapi menjaga supaya tubuh kita tidak terlalu banyak minum air juga penting. Untuk mengetahui jika Anda dehidrasi, ternyata ada sebuah cara sederhana. Ahli nutrisi Andy Bellatti menjelaskan kepada Business Insider bagaimana caranya tahu jika Anda dehidrasi atau kebanyakan minum air.

“Yang paling penting saat buang air kecil adalah melihat warna air kencing,” katanya.

Ternyata warna air kencing lebih penting dibandingkan seberapa sering kita kencing. Warna air kencing yang baik adalah warna perasan jeruk. “Warna apapun yang lebih gelap dari itu adalah tanda dehidrasi. Anda juga tidak ingin warna air kencing bening seperti air mineral karena itu berarti Anda minum terlalu banyak air,” terangnya.

Andy juga menegaskan jika ada kesalahpahaman yang umum terkait hidrasi. Kepercayaannya yang selama ini beredar adalah semakin banyak nutrisi semakin baik.  “Tubuh Anda pintar. Jadi tubuh Anda perlu air dalam jumlah tertentu dan bukan semakin banyak semakin baik. [..] orang-orang mengkonsumsi suplemen dan mereka berpikir, ‘Well jika saya bisa mengkonsumsi vitamin C sebanyak ini kenapa saya tidak meminumnya’ dan bukan begitu caranya. Tubuh Anda perlu sebanyak yang dibutuhkan dan apapun yang lebih biasanya dikeluarkan,” lanjutnya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge