0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pokemon Go Kurangi Angka Bunuh Diri

Pokemon Go. (Dok: Timlo.net/ Ubergizmo.)

Timlo.net—Pokemon Go menjadi fenomena budaya, sosial dan teknologi. Game ini tidak hanya menonjolkan potensi teknologi augmented reality (AR) dan bagaimana menggunakannya untuk kepentingan komersil dan gaming. Permainan itu ternyata juga memiliki dampak sosial karena mendorong para pemain untuk pergi keluar dan berolahraga. Pokemon Go ternyata berdampak untuk kesehatan mental.

Di Jepang, Pokemon Go memiliki dampak lain terhadap masyarakat terutama terkait budaya bunuh diri. Di negara itu ada sebuah pemandangan alam bernama Tojinbo di Provinsi Fukui. Pemandangan di tempat itu terlihat begitu indah. Tapi rupanya tempat itu memperoleh reputasi negatif sebagai tempat populer bagi orang di negara itu untuk bunuh diri. Akan tetapi, Pokemon Go berhasil mengurangi angka bunuh diri di tempat itu menjadi nol. Paling tidak pada kuartal pertama 2017.

Rupanya Pokemon yang susah ditangkap, Girafarig terlihat di kawasan itu. Hal ini mendorong para pemain dari provinsi lain di Jepang mengunjungi wilayah itu. Wilayah itu berubah jadi tempat yang sepi menjadi ramai. Akhirnya mereka yang berniat bunuh diri membatalkan niatnya karena ada banyak orang di sana.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge