0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Uji Nyali di Sungai Walikan

Arung jeram mini Sungai Walikan di Desa Wonorejo, Jatiyoso, Karanganyar (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Satu lagi obyek wisata Desa Wonorejo, Jatiyoso, Karanganyar. Yakni Keceh nDeso Sungai Walikan. Arung jeram mini ini menguji nyali petualang alam.

Tantangan menaklukkan halang rintang di rute mulai paket 5 kilometer sampai paket 1 kilometer patut dicoba. Namun ingat, tak boleh lalai memakai peralatan keselamatan seperti deker tangan, deker kaki dan helm. Sebab tubuh pengarung jeram pasti terombang-ambing arus hingga beradu dengan bebatuan atau kulit tergores ranting yang tiba-tiba berada di depan alur.

Memang bisa membuat ciut nyali jika hanya dibayangkan. Tapi sangat mengasyikkan apabila terjun langsung. Aliran adrenalin memberi sensasi cukup mendebarkan.

Bagi pemula disediakan pemandu berpengalaman yang ikut meluncur di depan pengarung jeram mini. Keduanya berada di dua buah ban terkait tali temali. Pemandu bertugas memastikan ban tetap seimbang dengan sesekali mengubah posisi. Lalu berbelok cepat jika sebuah batu menghadang di depannya. Atau menangkis ranting mencuat di alur arung jeram.

Semua itu dapat dijajal hanya di wisata Keceh nDeso Sungai Walikan. Cukup mudah mencapai posko sekretariat pengelola obyek ini yang tepat di depan gedung serbaguna desa setempat. Pastikan cuaca bersahabat sebelum menjajal arung jeram mini ini.

Kades Wonorejo, Jatiyoso, Sudrajat mengatakan, para pemuda yang tergabung di karang taruna tergolong kreatif memanfaatkan potensi alam di desanya. Meski belum lama dibuka, Keceh nDeso Sungai Walikan sudah banyak pengunjung terutama di akhir pekan. Istilah Keceh nDeso sengaja dipakai untuk menyebut arung jeram mini tersebut.

“Kalau tubing, takutnya belum sampai ketaraf itu. Sebab peralatan dan SDM nya masih sederhana. Sebut saja keceh ndeso. Lebih familiar dan tidak akan mengecewakan ekspektasi. Namun, kami terus berbenah lebih baik,” katanya.

Obyek wisata ini melengkapi penawaran lainnya di desa itu, antara lain taman gardu pandang banyu adem dan tugu lasi, air terjun nDas Londo, kuliner Jaraktowo serta jelajah heritage Desa Wonorejo

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge