0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Hujan Deras, Talud Anak Kali Anyar Ambrol

Talud Anak Kali Anyar Ambrol ()

Solo — Talud anak Kali Anyar di Kampung Sabrang Kulon RT 03/RW 35 Mojosongo, Jebres. Solo ambrol, Jumat (30/12). Akibat ambrolnya talud sepanjang 10 meter itu, bangunan dapur dan kamar mandi milik Gunawan roboh.

“Sejak pagi sudah melihat tanda-tanda mau longsor. Mungkin akibat hujan sejak Kamis malam sampai pagi ini tadi,” jelasnya kepada wartawan.

Akibat robohnya talud setinggi empat meter itu, Gunawan terpaksa mengevakuasi perabotan rumah tangga di dapur dekat talud yang dibangun tujuh tahun silam.

“Istri saya sedang memasak di dapur tiba-tiba mendegar suara retakan kayu dan tembok. Sekitar pukul 10.30 WIB, talut itu ambrol diikuti robohnya sebagian bangunan rumah,” paparnya.

Gunawan mengatakan, sejak dua tahun terakhir talud dibelakang rumahnya itu banyak yang merekah. Bahkan sebagian talud yang ambrol ini kondisinya juga banyak yang merekah dan rawan longsor.

Sebelumnya, longsor juga terjadi di wilayah yang sama RT 3/ RW 35 Mojosongo, tepatnya di belakang rumah warga, Daryanto. Akibat ambrolnya talud tersebut, membuat bangunan kamar mandi Daryanto roboh. Pihaknya melakukan perbaikan mandiri dengan memasang patok bambu agar longsor tidak meluas.

“Kejadian longsor juga terjadi tiga hari lalu. Kami sudah koordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) untuk perbaikan talud,” jelas Lurah Mojosongo, Agus Triyono.

Pihaknya juga mengimbau agar warga yang berada di bantaran sungai lebih waspada menghadapi puncak bencana.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge