0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Diserang Hama, Petani Buah Naga Gagal Panen

Kades Semin, Suparmi menunjukkan tanaman buah naga yang terserang hama penyakit (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Sejumlah petani buah naga di Desa Semin Kecamatan Nguntoronadi mengeluh. Pasalnya, tanaman buah naga di kawasan tersebut diserang hama penyakit. Sehingga para petani ini terancam gagal panen.

“Hampir 70 persen tanaman buah naga di desa kami terserang penyakit,” papar warga setempat, Sumaryanto, Senin (19/12).

Disebutkan, di Desa Semin sendiri terdapat 20.000 batang tanaman buah naga. Bahkan, desa ini dinobatkan sebagai sentra buah naga di Wonogiri. Namun, dengan adanya serangan penyakit, petani buah naga terancam gigit jari alias gagal panen.

Melihat kondisi itu, kata Sumaryanto, warga sudah berupaya menyemprot dengan pestisida, namun serangan penyakit tersebut tak kunjung mereda. Agar tidak menular kepada tumbuhan lain, warga memilih mencabut tanaman tersebut dan kemudian dilakukan peremajaan dengan bibit baru.

“Penyakit itu menyerang pada batang buah naga, ketika sudah muncul bintik- bintik kuning, tumbuhan itu lalu membusuk. Bahkan, pada buahnya ada bercak- bercak putih dan lama kelamaan buah itu melethek (retak) dan rasanya pun tidak manis lagi,” katanya.

Kepala Desa Semin, Suparmi menambahkan, adanya penyakit yang menyerang tanaman buah naga diprediksi akibat adanya anomali cuaca.

“Maka kami sarankan kepada warga masyarakat untuk melakukan peremajaan dengan bibit baru,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge