0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tolak Hasil Seleksi Pilkades, Warga Gruduk Kantor Bupati

Ratusan warga Desa Gedangan, Kecamatan Grogol melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Pemkab Sukoharjo, Senin (5/12) (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo —  Ratusan warga Desa Gedangan, Kecamatan Grogol melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Sukoharjo, Senin (5/12). Mereka menolak hasil seleksi Pilkades yang dilakukan tim seleksi Pemkab karena tidak ada tokoh yang dikehendaki warga yang lolos dalam seleksi.

“Kita menolak hasil seleksi tertulis yang dilakukan Pemkab Sukoharjo karena tidak fair. Selain itu, dalam proses seleksi tertulis tidak mengikutsertakan panitia Pilkades di tingkat desa, padahal dalam peraturan menyebutkan harus melibatkan panitia Pilkades,” kata salah satu warga, Agus Tri Raharjo, Senin (5/12).

Ratusan massa dari warga Desa Gedangan melakukan orasi di depan kantor Pamkab Sukoharjo menuntut pembatatalan hasil seleksi tertulis Pilkades. Mereka kecewa dengan hasil seleksi yang memenangkan salah satu calon yang diniali awrga tidak mempunyai kapasitas sebagai kades.

Perwakilan warga Desa Gedangan ahirnya diterima Sekretaris Daerah Sukoharjo Agus Santosa dan jajarannya. Dalam audiensi tersebut, pemerintah menyatakan proses Pilkades tetap berjalan, namun jika warga ingin meneruskan kasus ini ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) juga dipersilahkan.

“Kami bertindak sebatas administratif, sedangkan peraturan dan regulasinya sudah disepakati bersama sebelum proses Pilkades dilaksanakan. Kalau warga ingin menersukan ke PTUN itu menjadi hak mereka,” tandas Sekda Agus Santosa.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge