0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UN SMA dan SMK Tetap akan Dilaksanakan

dok.timlo.net/tyo eka
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Solo, Etty Retnowati (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Kendati pemerintah merencanakan menghapus ujian nasional (UN) mulai tahun 2017, namun UN tahun 2016/2017 untuk jenjang SMA/SMK bisa dipastikan akan tetap berlangsung. Meskipun pelaksanaannya diserahkan kepada masing-masing pemerintah propinsi.

“UN tidak dihapus, melainkan mulai tahun ini pelaksanaannya diserahkan kepada pemerintah provinsi masing-masing,” jelas Ketua Musyawarah Kinerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Solo, M.Thoyibun, ketika ditemui wartawan di SMAN 4, Solo, Jumat (2/12).

Thoyibun mengatakan, kebijakan itu diambil pemerintah, mengingat selama ini standar UN berlaku secara nasional. Sedangkan kondisi dan perkembangan di setiap daerah berbeda-beda.

“Karena kalau standar nasional itu sama. Padahal setiap daerah kan berbeda-beda. Misalnya di Jawa dan luar Pulau Jawa, contohnya Irian Jaya, tentunya sangat jauh berbeda. Tidak bisa dipaksakan harus dengan standar nasional. Sehingga standar UN tersebut harus sesuai kondisi di daerah terkait. Oleh sebab itu pemerintah mengambil kebijakan menyerahkan pelaksanaan UN ke masing-masing pemerintah provinsi,” ungkap Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Solo itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Solo, Etty Retnowati mengakui hingga saat ini pihaknya masih menunggu regulasi dari pemerintah pusat terkait dengan wacana penghapusan UN yang dikeluarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy tersebut.

Saat ini, menurut Etty, sekolah di Solo tetap melakukan persiapan UN, khususnya yang berbasis komputer. “Pedoman kami hitam di atas putih dan kami masih menggunakan juklak (petunjuk pelaksanaan) lama karena juklak baru belum ada,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge