0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Curi 48 Batang Rel Kereta, Pegawai PT KAI Dibui

merdeka.com
Ilustrasi Rel Kereta (merdeka.com)

Timlo.net — Sembilan pegawai PT Kereta Api Indonesia (KAI) nekat mencuri puluhan potongan rel kereta api. Lima pelaku di antaranya sudah berstatus sebagai karyawan tetap di perusahaan milik negara tersebut.

Kesembilan pelaku adalah Rahmat Cahyono (35) yang berstatus pegawai harian lepas atau PHL, M Yunan (21/PHL), Anwar (33/PHL), Arif (32/PHL), Sugeng Mulyono (42/karyawan), Ferry (27/karyawan), Nopriansyah (27/karyawan), M Dahlan (30/karyawan), dan Nasirwan (44/karyawan).

Mereka ditangkap saat sedang bekerja di Stasiun Tanjung Rambang, Prabumulih. Turut diamankan seorang penadah bernama Ahmadi. Barang bukti yang disita di antaranya satu unit mobil Kijang nomor polisi BG 2206 LC yang digunakan mengangkut barang curian, alat las, dan 48 batang rel.

Kabag Ops Polres Prabumulih, Kompol Andi Supriadi mengungkapkan, penangkapan para tersangka setelah dilakukan pemeriksaan di salah satu tempat rongsokan Kelurahan Prabusari, yang mendapati puluhan potongan rel. Dari keterangan pemiliknya, rel tersebut dijual para pelaku.

“Kita mendapatkan laporan dari PT KAI ada pencurian rel. Setelah diselidiki, pelaku adalah karyawannya sendiri berjumlah sembilan orang, lima orang diantaranya berstatus karyawan tetap,” ungkap Andi, Kamis (1/12).

Dalam menjalankan aksinya, kata Andi, para pelaku cukup profesional dan terorganisir dengan membagi tugas. Bahkan, saat menjual barang curian, para pelaku cuek saja mengenakan seragam PT KAI.

“Mereka mencuri saat jam kerja. Mereka baru mengganti rel kereta api yang rusak dengan yang baru. Rel yang diganti itu diletakkan di pinggir jalan untuk memudahkan mengambilnya,” ujarnya.

Atas perbuatannya, para tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman minimal lima tahun penjara. Mereka juga terancam diberhentikan dari tempatnya bekerja.

[eko]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge