0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Operasional Terminal Tirtonadi Digelontor Rp 10,3 M

foto: Khalik
Suasana di terminal Tirtonadi (foto: Khalik)

Solo – Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Solo mengalokasikan kembali dana operasional Terminal Tirtonadi sebesar Rp10,3 Miliar. Langkah ini ditempuh, lantaran terminal tipe A tersebut tidak mendapat anggaran operasional dari dana APBN 2017.

”Jika mengacu UU Nomor 23 tahun 2014 memang sudah diambil oleh pemerintah pusat. Namun kan kenyataannya pemerintah pusat tidak siap mengalokasikan anggaran, makanya untuk tahun ini anggarannya kami alokasikan,” terang Anggota Komisi III DPRD Solo, Suharsono, Kamis (1/12) siang.

Terkait dasar hukum pengalokasian dana tersebut, Suharsono mengaku, sebenarnya tidak ada pasal khusus yang mengatur secara rinci. Namun, tertuang dalam surat-surat dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan juga Kementerian Dalam Negeri (kemendagri). Maka dari itu untuk penjabarannya dijelaskan dalam penjelasan.

“Kami berpegang pada surat dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan juga Kementerian Dalam Negeri (kemendagri),” terangnya.

Meski ditahun ini Banggar mengalokasikan anggaran, namun hal itu belum tentu berlaku untuk tahun 2018 mendatang. Pemkot wajib untuk menganggarkannya. Mengingat anggaran terminal Tirtonadi ini nantinya digunakan untuk operasional terminal. Disamping itu sampai saat ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari terminal Tirtonadi sudah masuk ke Pemkot.

Sementara Ketua Komisi III DPRD Solo, Honda Hendarto mengatakan kewenangan terminal Tirtonadi dikembalikan lagi ke Pemkot, makanya dianggarkan kembali. Termasuk dari sisi PAD, setoran juga diberikan ke Pemkot.

”Kan sudah kembali, ya operasionalnya dianggarkan lagi,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge