0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cari Korban Longsor, Polisi Kerahkan Anjing Pelacak

timlo.net/nanang rahadian
Proses evakuasi korban longsor (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Polres Karanganyar mengerahkan dua anjing pelacak untuk membantu pencarian dua korban longsor yang belum ditemukan. Diharapkan dua hewan berpenciuman tajam tersebut dapat mendeteksi keberadaan dua korban longsor tersebut.

“Semua upaya kita lakukan agar korban cepat ditemukan,” kata Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak, Kamis (1/12).

Kapolres mengatakan, melihat kondisi longsoran yang sudah bercampur air dan juga sedikit lebih cair, ketajaman dua anjing pelacak itu memang berkurang. Namun keberadaan anjing tersebut tetap diharapkan dapat membantu pencarian.

“Kita berharap dalam waktu secepatnya bisa ditemukan, sehingga korban bisa dimakamkan sebagaimana layaknya. Mudah-mudahan saja anjing itu bisa membantu,” kata Kapolres.

Selain dua ekor anjing pelacak, lanjut Kapolres, Polres bersama Kodim Karanganyar juga mengirimkan tenaga baru sebanyak 100 personel untuk membantu tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar.

“Kami sudah koordinasi dengan BPBD, tenaga baru ini memang sangat dibutuhkan untuk membantu 450 personel pada hari kedua,” kata jelas Kapolres.

Sementara itu, Kepala BPBD Karanganyar, Nugroho mengatakan bersama BPBD Provinsi Jateng selain menggunakan ekskavator ukuran kecil juga sudah memasang jaring di hilir sungai sekitar 600 meter dari jembatan yang menjadi lokasi ditemukannya para korban yang selamat dan meninggal.

“Jika aliran sungai menjadi deras dan mengalir, korban bisa tersangkut di jaring tersebut,” jelasnya.

Nugroho menambahkan, namun proses pencarian terpaksa dihentikan karena hujan deras mengguyur lokasi longsor dan juga di wilayah atas bagian hulu sungai.

“Kita tidak berani beresiko, karena  sangat bahaya jika  terjadi longsor susulan,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge