0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banjir, Ribuan Hektar Sawah Terendam

timlo.net/agung widodo
Areal persawahan yang terendam banjir di Sragen (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Akibat banjir yang melanda Kabupaten Sragen selama tiga hari, sebanyak 1.881 hektar sawah yang tersebar di delapan kecamatan dipastikan gagal panen. Akibat banjir tersebut juga ditafsirkan menyebabkan kerugian tidak kurang dari Rp 4,5 Miliar.

“Jumlah sawah yang tergenang dimungkinkan masih bertambah karena laporan belum masuk semua. Sawah yang tergenang rata-rata baru berumur dua pekan, jadi kerugian belum begitu besar,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto, Kamis (1/12).

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen, banjir telah merendam persawahan di Kecamatan Ngrampal (dua desa), Masaran (dua desa), Sukodono (dua desa), Gesi (dua desa) dan Kecamatan Tanon (lima desa).

Banjir juga merendan arelpersawahan di tiga kecamatan lainnya, yaitu Kecamatan Plupuh (delapan desa), Kecamatan Sragen (tiga desa) dan Kecamatan Sidoharjo (tujuh desa).

Tatag menjelaskan, sejumlah warga yang sempat mengungsi lantaran rumahnya terendam, sudah mulai kembali ke rumah masing-masing. Meski demikian, bantuan tetap diberikan untuk para korban banjir.

“Kami masih buka dapur umum untuk mendistribusikan bantuan ke warga korban banjir. Pos kesehatan di beberapa titik juga masih disiagakan,” jelas Tatag.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge