0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Truk Terguling, Aspal Curah Meluber ke Sawah

dok.timlo.net/aditya wijaya
Truk bermuatan aspal terguling di Jl Solo-Yogya (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Sebuah truk tangki bermuatan puluhan ton aspal curah terguling di Jalan Yogya-Solo, tepatnya di Dukuh Jabungan, Desa Gondang, Kecamatan Kebonarum, Kamis (1/12). Selain mengakibatkan kemacetan, aspal curah yang tertumpah menggenangi lahan pertanian milik warga setempat.

“Enggak ada korban jiwa. Namun karena besarnya badan KBM (truk), dibutuhkan bantuan derek dari Polresta Surakarta. Karena sudah dicoba dengan derek yang ada di Unit Lakalantas (Polres Klaten), tapi ternyata enggak kuat,” kata petugas Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Klaten, Aipda Imam Muslim, Kamis (1/12).

Informasi dihimpun, truk bernopol H 1854 FA milik PT Bintang Djaja dari Cilacap itu hendak mengirimkan aspal curah ke Pedan, Klaten. Namun saat melintasi Dusun Jabungan, sebuah mobil bak terbuka pengangkut pasir yang ada di depannya tiba-tiba menepi secara mendadak.

Menghindari kecelakaan, truk yang dikemudikan Suranto (29) warga Kebumen, bersama kernetnya, Sukirno (39) warga Cilacap itu lantas membanting setir ke arah kanan. Berhubung muatan aspal curah sebanyak 50 ton, truk tersebut justru terguling ke kiri.

“Sebelum kecelakaan, ada colt diesel bermuatan pasir mengerem mendadak yang persis searah di depan KBM yang bermuatan aspal curah. Kaget, sopir bermuatan curah membanting setir kanan,” beber Aipda Imam di lokasi kejadian.

Sementara, seorang warga setempat, Priyono mengatakan, akibat truk terguling, muatan aspal meluber hingga menutupi akses masuk Dukuh Jabungan. Selain itu juga membuat sawah di pinggir Jalan Yogyakarta menuju Solo itu dipenuhi aspal.

“Itu tanah kas desa tapi yang menggarap Pak Waluyo. Padahal sudah siap ditanami, tapi aspal meluber ke sawah,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge