0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Reaksi Para Selebritis Terhadap Kematian Fidel Castro

merdeka.com
Fidel Castro. REUTERS (merdeka.com)

Timlo.net—Berita kematian mantan presiden Kuba dan pemimpin revolusioner Fidel Castro mendapat beragam tanggapan. Fidel meninggal pada 25 November. Diktator Kuba itu memimpin satu-satunya negara Komunis di bagian barat hampir selama lima dekade. Selama pemerintahannya negara itu berada dalam kemiskinan dan hampir terlibat perang nuklir. Tapi beberapa selebritis Hollywood rupanya tertarik pada nilai revolusionernya.

Misalnya aktor Dany Glover, yang sering menjadi tamu Fidel Castro di Kuba mentweet: “Fidel Castro merupakan seorang tokoh revolusioner yang hebat. Pelajarilah lebih banyak tentang hidup dan warisannya.” Dia menyertakan link ke sebuah artikel yang menjelaskan secara detail tentang pemimpin Kuba itu.

Aktor lain Josh Gad, mentweet: “Wow. #fidelcastro meninggal. Dia telah membentuk Kuba dalam waktu yang sangat lama. Akan sangat menarik untuk melihat apa yang terjadi selanjutnya.”

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mentweet Sabtu pagi dengan sebuah kalimat singkat, “Fidel Castro mati!” Sementara itu perayaan justru muncul di Miami, AS di antara para pengungsi Kuba yang lari dari situasi yang sulit yang ada di Kuba.

Sementara penyanyi Cher mentweet, “Fidel Castro adalah seorang diktator pembunuh. Dia mati. Seperti para penganiaya lainnya, dia membiarkan rakyatnya menderita dan mati karena egonya yang gila.”

Pengumuman kematian Fidel berasal dari saudara bungsunya dan presiden Kuba saat ini, Raul Castro. Ada beragam tanggapan dari para tokoh politik di AS. Misalnya Senator Florida Marco Rubio dan Senator Texas Ted Cruz mengutuk Fidel dalam pernyataan terpisah. Marco sendiri menyatakan mereka yang memuji Fidel mengabaikan nasib naas yang dialami ribuan korban Fidel saat dia mulai memimpin.

Paus Francis mengirim sebuah telegram kepada Raul Castro mengungkapkan belangsungkawanya: “Setelah menerima berita sedih tentang kematian saudara terkasih Anda, Tuan Terhormat Fidel Alejandro Castro Ruz, mantan Presiden the State Council and the Government of the Republic of Cuba, saya menyampaikan kesedihan saat terhadap Fidel dan anggota keluarga yang lain, juga terhadap rakyat dari negara tercinta ini.”

“Di saat bersamaan, saya memanjatkan doa kepada Tuhan untuk ketenangan jiwa Fidel dan saya percaya seluruh rakyat Kuba kepada penjagaan keibuan dari Lady of the Charity of El Cobre, pelindung dari negara ini,” tambah Paus Francis.

Sumber: TopInfoPost.com

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge