0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Korban Banjir di Solo Dapat Pengobatan Gratis

dok.timlo.net/setyo pujis
Pemerikasaan kesehatan kepada warga Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar acara bakti sosial, di Desa Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Kamis (1/12). Kegiatan sosial yang terdiri dari pengobatan dan pemeriksaan kesehatan secara gratis ini dilaksanakan untuk memberikan pertolongan pada korban pasca banjir.

“Bantuan terhadap korban bencana banjir ini merupakan wujud kepedulian Pertamina kepada masyarakat. Selain itu, lokasi ini merupakan tempat terjadinya banjir yang berpotensi menimbulkan banyak penyakit didalam lingkungan Desa Sangkrah Kecamatan Pasar Kliwon”, ujar Area Manager Medical Pertamina MOR IV Sari Kusumaninggar kepada wartawan.

Menurutnya, limbah banjir bisa mencemari sumber air warga yang dangkal. Penggunaan air yang tercemar bisa memicu diare, muntaber, dan juga gatal-gatal. Sehingga bagi korban yang memiliki tempat tinggal di daerah yang rawan banjir sangat memerlukan pertolongan.

“Tidak hanya memberikan pengobatan secara gratis, tetapi dalam dalam acara ini kita juga mengedukasi masyarakat bagaimana menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan,” jelasnya.

Penyebaran penyakit, lanjut dia bisa dicegah dengan memperhatikan faktor kebersihan lingkungan, menjaga asupan makanan, dan ketersediaan air bersih. Dalam acara peduli social itu, pihaknya menerjunkan tim medis sekitar 12 petugas. Yang terdiri dari dokter, perawat, apoteker maupun yang lain.

Sementara itu Sales Eksekutif Pertamina Soloraya, Uki Atma Negara dalam kesepatan yang sama menambahkan, untuk pengobatan geratis rencananya tidak hanya di Desa Sangkrah tapi juga dilakukan dikawasan Joyontakan dan titik lainya yang membutuhkan.

“Saat ini kita masih terus koordinasi dengan pemerintah daerah setempat, agar nantinya masyarakat korban banjir bisa mendapatkan fasilitas pengobatan dan cek kesehatan secara geratis,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge