0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Indonesia Tuan Rumah Asian Games, PLN Berbenah

merdeka.com
ilustrasi PLN (merdeka.com)

Timlo.net – Pesta olahraga terbesar se-Asia, Asian Games digelar di Palembang pada 2018 mendatang. Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengaku siap mendukung pasokan listrik untuk event tersebut.

Dukungan itu ditandai dengan diresmikannya pengoperasian Gardu Induk (GI) 150 kiloVolt (kV) New Jakabaring dan GI 150 kV Gandus. Selain itu, memasok listrik Palembang dan untuk mendukung proyek Light Rail Train (LRT) sebagai alat transportasi yang dapat menghubungkan jalur dari Bandar Udara (Bandara) Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II ke Jakabaring Sport Center.

Dua jalur transmisi 150 kV Phi Incomer yang melewati jalur Mariana-Keramasan dan Keramasan-Talang Kelapa juga resmi beroperasi.

Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN, Amir Rosidin, yang ikut meresmikan mengatakan ada tiga upaya PLN menyukseskan event akbar di Palembang, yaitu memperbaiki jaringan transmisi listrik dan membangun lima GI baru di antaranya adalah GI New Jakabaring, GI Gandus, GI Kenten Ekspansi, serta GI yang menggunakan gas insulated yaitu GI Boom Baru dan GI Lebar Daun.

“Kedua, PLN menyiapkan listrik untuk LRT dengan menggelar jaringan sepanjang 120 km untuk memperkuat listrik di setiap stasiun pemberhentian LRT. Ketiga, menggeser transmisi untuk persiapan Grandprix di Jakabaring,” jelas Amir Rosidin.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sumatera Selatan, Ishak Mekki, dalam sambutan peresmian, berkeyakinan stok Gardu Induk cukup aman saat pelaksanaan Asian Games 2018 nanti.

“Kami berterima kasih kepada PLN karena membangun infrastruktur kelistrikan di Sumatera Selatan dengan baik. Ini menjadi bukti bahwa Palembang benar-benar lumbung energi yang masyarakatnya tidak kekurangan energi,” tutur Ishak.

GI New Jakabaring sendiri berlokasi di Kelurahan Sungai Kedukan, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin memiliki trafo dengan kapasitas 1×60 MVA dan terdapat tiga tower V Connection. Rencananya, GI ini akan memenuhi kebutuhan pasokan listrik di daerah Jakabaring dan sekitarnya serta mendukung kebutuhan listrik untuk Asian Games 2018, Jakabaring Sport Center dan operasional LRT.

[ibs]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge