0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Positif AIDS, 13 PSK Gunung Kemukus Dipulangkan

dok.timlo.net/agung widodo
(Ilustrasi) Petugas merazia rumah yang dijadikan tempat prostitusi di Gunung Kemukus (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen —¬†Sebanyak 13 Pekerja Seks Komersial (PSK) yang biasa mangkal di kompleks obyek wisata Gunung Kemukus, Kecamatan Sumberlawang, Sragen, dipulangkan ke daerah asalnya. Pasalnya mereka diketahui positif mengidap HIV/AIDS.

“Hasil tes yang dilakukan beberapa waktu lalu sudah diketahui. Dari total 123 wanita yang dites, 13 dinyatakan positif AIDS. Mereka dipulangkan ke daerah asal,” kata Kepala Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Hardiana, Rabu (30/11) .

Hardiana mengatakan, pihaknya baru saja menerima tembusan hasil tes Voluntary Conseling and Testing (VCT) dan diketahui 13 orang positif AIDS. Tes VCT dilakukan Tim Komisi Pendanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sragen bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Herdiana, mereka rata-rata bekerja di tempat karaoke ilegal yang ada di Kemukus. Pemulangan dilakukan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Sragen dengan diantarkan sampai ke rumah masing-masing.

“Awalnya mereka menolak dipulangkan dengan alasan tidak punya keluarga. Tapi setelah kami beri pengertian, akhirnya mereka mau pulang,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge