0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sempat Tegang, Pilkades di 11 Desa Aman

dok.timlonet/nanin
Ilustrasi Pilkades (dok.timlonet/nanin)
Karanganyar — Meski sempat terjadi ketegangan saat pemilihan suara, Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di 11 desa di Karanganyar relatif lancar. Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo usai melakukan peninjauan pelaksanaan Pilkades di beberapa desa, Rabu (30/11).
”Kita sudah melakukan pemantauan di sejumlah desa. Secara umum berlangsung aman dan lancar,” kata wakil bupati.
Sementara itu, Camat Jatiyoso Sundoro Budi Karyanto mengatakan, pelaksanaan Pilkades di Desa Wonokeling relatif kondusif meski sebelumnya mendapat perhatian khusus dari bupati karena tingkat kerawanannya. Di desa tersebut partisipasi pemilih cukup baik. Jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 3.116. Pemilih yang datang sebanyak 2.020. Sutimin memenangkan pemilihan dengan 1438 suara. Dia mengalahkan calon lainya yakni Sutopo dengan suara 558.
”Suara rusak hanya sekitar 24. Partisipasi warga sekitar 80 persen,” terang Sundoro.
Di Desa Petung juga kondusif karena mempertemukan pasangan suami istri. Yakni Dwi Santoso dan Heni Mei indrawati. Hasilnya, Dwi yang merupakan calon incumbent memenangkan Pilkades desa tersebut.
”Perolehan suara cukup jauh, Dwi Santoso dapat 1.156 suara, sementara istrinya hanya 269,” terangnya
Sedangkan di kecamatan Mojogedang satu calon incumbent yang tumbang. Yakni Sumiyati calon kades dari Desa Buntar, Mojogedang. Dia dikalahkan calon pendatang baru yakni Suparno yang mendapatkan 1.557 suara. Masih di Kecamatan Mojogedang, di Desa Kaliboto mempertemukan pasutri Haroyo dan Sutini. Haryono memangkan pilkades dengan perolehan 2.723 suara.
Camat Colomadu Yophie Eko Jatiwibowo mengatakan, Pilkades di Desa Blulukan, Colomadu dimenangkan oleh Slamet Wiyono dengan perolehan 1.870 suara. Sementara Pilkades di Desa Klodran mempertemukan pasutri Warsito dan Nawang. Hasilnya, Warsito yang merupakan calon incumbent mengalahkan istrinya dengan suara 2.112.
”Meskipun pasutri, namun pelaksanaan tetap kondusif,” tandasnya.
Camat Tasikmadu Suhardi menjelaskan, Pilkades Desa Ngijo sempat memanas. Namun upaya pendekatan yang dilakukan terhadap para kader dan ktiga calon, kondisi kamtibmas di desa Ngijo, kembali kondusif.
”Sempat sedikit ada friksi, namun bisa diatasi.Dan pelaksanaan pencoblosan, berlangsung aman dan lancar,” terangnya.
Pilkades di Desa Tohkuning mempertemukan empat calon. Yakni Sunaryo dengan 1.190 suara, Suroto 1.676 suara, Riyanto dengan 366 suara, dan Kasno dengan 80 suara. Di Desa Harjosari dimenangkan oleh Sutarso dengan 978 suara. Pesaing terdekatnya Sunaryo dengan 964  suara. Camat Karangpandan Aji Pratama Heru K menjelaskan, pelaksanaan pilkades di dua desa tersebut kondusif. Partisipasi pemilih besar.
Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge