0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nelayan Diculik, RI Minta Malaysia Respon Cepat

dok.merdeka.com
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Pemerintah meminta otoritas Malaysia segera menyikapi penculikan dua nelayan Indonesia di perairan, Malaysia, Sabtu (19/11) kemarin. Indonesia minta Malaysia meningkatkan pengamanan wilayah perairannya.

“Intinya saya kembali lagi meminta perhatian mereka. Saya tidak akan habis atau berhenti untuk memintakan perhatian mereka,” kata Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Senin (21/11).

Penculikan dua nelayan WNI itu sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Retno melaporkan pada pagi hari ini saat berkonsultasi dengan Jokowi terkait kunjungan Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte ke Indonesia.

“Saya sudah sampaikan laporan kepada bapak Presiden dan saya juga tekankan mengenai pentingnya bagi pemerintah dan otoritas Malaysia untuk meningkatkan keamanan di wilayah air mereka karena sudah sangat jelas ini kesepakatan yang sudah disetujui saat kita bicara bertiga pada bulan Mei,” kata Retno.

Menyikapi penculikan itu, Menteri Pertahanan Filiphina, Malaysia dan Indonesia akan menggelar pertemuan pada 23 November 2016.

“Kita akan terus bekerja dan akan kita sampaikan concern yang sama dan tanggal 23 nanti Menhan ketiga negara akan bertemu. Kalau kerja sama sudah, beralih ke hal yang sifatnya teknis itu dilakukan oleh Menteri Pertahanan,” jelas dia.

Retno menambahkan, sebelumnya dia sudah mengingatkan kepada otoritas Malaysia agar menjaga keamanan kepulauan Sabah. Tak hanya itu, Retno juga sempat menemui asosiasi pemilik kapal kepulauan Sabah.

“Saya sudah melakukan pertemuan dengan asosiasi pemilik kapal di Sabah. Jadi dari semua layers sudah kita temui kita sampaikan concern kita,” tandasnya.

[dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge