0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Walikota: Jadi Agen Perubahan Tak Boleh Main-Main

dok.timlo.net/ichsan rosyid
Walikota FX Hadi Rudyatmo mengukuhkan Tim Agen Perubahan di Lingkungan Pemkot Solo (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Sebanyak 84 Agen Perubahan di jajaran Pemerintah Kota Solo dikukuhkan di Balai Tawang Arum, Kamis (17/11). Tak hanya menjadi contoh bagi rekan-rekan sejawat, mereka dituntut untuk mampu membantu kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing serta memberi masukan untuk meningkatkan kinerja instansi tersebut.

“Agen perubahan harus bisa ikut mengawasi rekan-rekan mereka dan memberi masukan kepada kepala masing-masing terkait hal itu,” kata Ketua Tim Agen Perubahan Kota Solo, Rachmat Sutomo di depan anggotanya.

Dalam paparannya, Rachmat menjabarkan enam peran agen perubahan yaitu sebagai katalis (mempercepat), mengajak, memberi solusi, mediator, serta jembatan komunikasi. Maksudnya, keberadaan mereka harus mempercepat serta mengajak rekan-rekannya untuk berubah. Mereka juga diharapkan dapat memberi solusi bagi kendala-kendala yang dihadapi unit masing-masing.

“Kalau ada masalah harus jadi penengah. Dan dengan adanya agen perubahan ini, komunikasi antara sesama rekan kerja maupun dengan atasan bisa lebih lancar,” tambahnya.

Hal ini dibenarkan Kepala Badan Kepagawaian Daerah (BKD) Solo, Hari Prihatno. Agen perubahan dapat menjadi kepanjangan tangan Kepala SKPD dalam mengawasi jajaran di bawahnya.

“Bahkan agen perubahan diharapkan dapat mengidentifikasi potensi masalah dan mencegahnya sebelum menjadi masalah baru,” kata dia.

Sementara itu, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo menambahkan, anggota Agen Perubahan memiliki tanggung jawab lebih dibanding Pegawai Negeri Sipil (PNS) lain. Pasalnya, tujuan jangka panjang dari agen perubahan adalah revolusi mental yang diimpikan Pemerinta Pusat di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

“Sudah jadi agen tidak boleh main-main. Jangan sampai kesandung masalah,” pesannya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge