0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awak Kapal WNI Diculik Terus, Menhan Curiga

merdeka.com
Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu (merdeka.com)

Timlo.net – Kasus penculikan terhadap awak kapal dari warga negara Indonesia (WNI) di sekitar perairan Sabah, Malaysia, menuai kecurigaan. Terbaru, dua WNI diculik di kawasan itu.

“Enggak benar, sudah saya ingatkan jangan lagi cari ikan di sana, tempat kita kan yang lain banyak. Kenapa kok di situ sih? Jangan-jangan ada kongkalikong (pemufakatan jahat) nih,” kata Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu , Jumat (11/11).

Kecurigaan itu muncul karena meski sudah ada pemberitaan tentang WNI yang disandera dan imbauan untuk berhati-hati melaut tetap saja terjadi aksi penculikan.

“Kalau mungkin, kan berkali-kali ke sana kan curiga saya dong. Orang di sana sudah pasti disandera kok ke sana,” tuturnya.

Dia menyebutkan pemerintah pasti akan membela warganya dan berusaha untuk menyelamatkan warga yang disandera.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri mengimbau para anak buah kapal (ABK) di perairan Sabah, Malaysia tidak melaut hingga kondisi kondusif, usai penculikan terhadap dua orang kapten kapal di kawasan tersebut.

Dua WNI diculik saat sedang menangkap ikan di wilayah terumbu Pengarus Perairan Kertam sekitar 13-15 mil laut dari muara Kuala Kinabatangan Negeri Sabah, Malaysia. Keduanya adalah La Utu bin La Raali dari kapal SSK 00520F dan La Hadi bin La Adi dari kapal SN 1154/4F. Mereka berasal dari Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

[tyo]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge