0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Talud Ambrol, Walikota Minta BPBD Tetapkan Status Tanggap Bencana

timlo.net/ichsan rosyid
​Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo meninjau lokasi ambrolnya talud Kali Boro, Kamis (10/11) (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pemerintah Kota Solo berjanji akan secepatnya memperbaiki Talud Kali Boro yang ambrol setelah hujan deras mengguyur Solo, Rabu (9/11). Perbaikan talud itu dinilai mendesak karena membahayakan rumah-rumah warga yang ada di tepi sungai.

“Ini harus segera diperbaiki karena bahaya. Di situ juga ada saluran sanitasi masyarakat,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, saat meninjau lokasi, Kamis (10/11).

Ia mengatakan perbaikan tersebut akan menggunakan dana tak terduga untuk tanggap bencana. Menurutnya, peristiwa ambrolnya talud sepanjang 15 meter itu layak dikategorikan sebagai bencana alam karena membahayakan jiwa warga sekitar. Jalan sekitar dua meter yang memisahkan rumah warga dengan sungai ikut ambrol hingga tembok rumah salah satu warga. Apalagi peristiwa itu terjadi setelah hujan deras sepanjang hari.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Solo, Budi Yulistianto menyebutkan dua opsi untuk perbaikan talud. Selain menggunakan dana tak terduga untuk tanggap darurat, anggaran pemeliharaan saluran drainase dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) juga dapat digunakan. Opsi kedua ini, menurut Budi dinilai lebih memungkinkan karena bencana yang terjadi harus memenuhi kriteria tertentu sebelum BPBD bisa menetapkan status tanggap bencana. Terlebih lagi, anggaran pemeliharaan saluran drainase sudah dianggarkan di APBD 2017.

“Dana pemeliharaan itu kan bisa langsung digunakan. Tapi kita harus tanyakan dulu ke DPU dana pemeliharaan itu masih ada tidak,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge