0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PT KAI Lakukan Uji Coba Kereta Rail Clinic

merdeka.com
ilustrasi (merdeka.com)

Solo – PT Kereta Api Indonesia (KAI) lakukan uji coba kereta Rail Clinic dari Stasiun Lempuyangan – Madiun, Rabu (9/11). Kereta tersebut diperuntukan untuk melayani kesehatan bagi masyarakat dan penumpang.

“Ini merupakan kereta kedua. Jika kereta yang pertama untuk Daop VI Yogyakarta, yang kedua ini akan kita gunakan untuk wilayah Sumatera Selatan,” ujar Kepala Balai Yasa PT KAI Daop VI Yogjakarta, Eko Purwanto kepada wartawan.

Dirinya mengatakan, dalam kereta tersebut beberapa fasilitas kesehatan disediakan. Mulai dari poli gigi, persalinan, mata dan untuk cek kesehatan secara umum. Sedangkan untuk dokter yang disediakan dalam setiap kereta ada sekitar 5-6 orang.

“Untuk satu kereta biaya pembuatannya sekitar Rp 1,4 Miliar. Tahun depan, rencananya juga akan kita buat dua lagi untuk diperuntukan di Sumatera Utara, seperti di Palembang dan Medan,” jelasnya.

Selain untuk layanan kesehatan secara umum, menurutnya, hadirnya kereta ini juga dapat digunakan untuk melakukan efakuasi saat terjadi kecelakaan. Karena gerbong yang digunakan sudah dikonsep atau dimodifikasi sedemikian rupa.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge