0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPRD Temukan Pekerjaan Proyek Asal-Asalan

timlo.net/nanang rahadian
Sidak DPRD Komisi IV Kota Surakarta di SMPN 27 (timlo.net/nanang rahadian)

Solo — Komisi IV DPRD Kota Surakarta menemukan pembangunan yang asal-asalan saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di proyek pembangunan SMP Negeri 27 di Jalan Transito Pajang, Laweyan, Rabu (26/10). Dewan menemukan pemasangan pipa instalasi air di luar tembok yang mengurangi kerapian bangunan.

“Kalau standardnya semua instalasi air di dalam tembok. Tukang ajaran pun tahu hal itu,” kata Anggota Komisi IV DPRD Kota Surakarta, Putut Gunawan, Rabu (26/10).

Putut menyayangkan pemasangan pipa paralon yang menggantung di luar tembok. Selain mengganggu pandangan juga bisa membahayakan pengguna gedung terutama anak-anak sekolah yang nantinya akan menggunakan gedung tersebut.

“Belum ada beban air saja pipa sudah terlihat bengkok apalagi kalau sudah dibebani air,” jelas Putut.

Putut menambahkan jika ingin mengubah konstruksi pipa instalasi air masuk ke dalam tembok memang sulit untuk dilakukan, pasalnya proyek pembangunan senilai Rp 12, 7 Miliar sudah 95 persen selesai. Namun paling tidak pipa tersebut bisa dipepetkan ke tembok biar rapih, atau jika tetap digantung diberi penyangga besi yang dikaitkan ke lantaiĀ  di atasnya .

“Harusnya fungsinya dapat, visualnya juga dapat, lha ini terlihat sak-sake,” jelasnya.

Selain pipa air bersih, Komisi IV juga menyarankan penambahan teralis pada jendela sisi luar untuk keamanan terutama yang lantai atas. Menurut Putut, hal tersebut untuk mengantisipasi keamanan agar tidak ada yang terjatuh dari jendela.

Disisi lain, pengawas pembangunan Vitri Panca Wati dari konsultan pengawas PT Primasetia Eng.Con menjawab bahwa pemasangan sudah sesuai perencanaan. Pemasangan sudah sesuai gambar kerja dari kontraktor.

“Tapi coba nanti kita konsultasikan lagi,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge