0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perangkat iOS Bisa Dihack Asal Pengguna Buka File JPEG

Dok: Timlo.net/ Ars Technica.
Fitur iOS 7.1. (Dok: Timlo.net/ Ars Technica. )

Timlo.net—Selama ini ada anggapan jika perangkat iOS tidak bisa dihack. Memang pemberitaan yang beredar selama ini mengungkap jika perangkat Android rawan terkena berbagai serangan. Tapi hal ini bukan berarti perangkat iOS adalah benteng yang tidak bisa ditembus. Situs The Hacker News baru-baru menulis jika perangkat iOS bisa dihack gara-gara penggunanya membuka sebuah file JPEG.

Pada dasarnya, hacker hanya perlu menipu para pengguna supaya mereka membuka sebuah file JPEG atau PDF. Kedua jenis berkas itu bisa disertakan sebagai lampiran email atau ditanamkan di sebuah situs. Begitu salah satu file dibuka, hacker bisa mengoperasikan sebuah kode berbahaya di perangkat iOS. Kode ini akan memberikan sang hacker akses memasuki perangkat dan mengontrolnya secara penuh. Hal ini berarti semua file dan informasi yang tersimpan di perangkat iOS bisa dilihat dengan mudah.

Untungnya kelemahan ini sudah diatasi oleh Apple saat mereka merilis update iOS 10.1 pada 24 Oktober kemarin. Update itu memperkenalkan Portrait Mode pada iPhone 7 Plus juga mengatasi kelemahan yang dibahas di atas.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge