0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pabrik Gula Gondang bakal Ditutup? Ini Kata Dispertan

dok.timlo.net/aditya wijaya
Prosesi Arak-arakan Pengantin Tebu di Kompleks Pabrik Gula Gondang Baru (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Dinas Pertanian (Dispertan) Klaten angkat bicara terkait beredarnya kabar penutupan Pabrik Gula (PG) Gondang Baru Klaten. Hal itu menyusul rencana pemerintah yang akan menutup 10 pabrik gula di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Yang jelas (PG Gondang Baru) enggak mungkin ditutup,” tutur Kepala Dispertan Klaten, Wahyu Prasetyo, Jumat (21/10).

Dari hasil pertemuan dengan Komisi II DPRD Klaten dan manajemen PG Gondang Baru beberapa waktu lalu, menurut dia, pabrik yang berdiri sejak 1860 itu tengah kesulitan pasokan tebu.

“Itu baru ada sedikit masalah kekurangan bahan baku. Kapasitasnya tinggi, tapi bahan bakunya kurang,” ujar Wahyu saat ditemui di Pendopo Setda Pemkab Klaten.

Sebelumnya, Administratur PG Gondang Baru, Primanda Bayu mengatakan, menargetkan penggilingan tebu sebesar 111.214 ton dari hasil panen dari lahan tanam seluas 1.684 hektare dengan rendemen rata-rata minimal 7,2 persen.

“Untuk pasokan tebu kami berupaya tetap memenuhinya selama ada proses penggilingan. Kalau (Klaten) tidak mencukupi, kami mendatangkan tebu dari luar Klaten seperti di wilayah perbatasan DIY, Gunung Kidul, serta Semarang,” kata dia saat kegiatan tradisi manten tebu atau cembrengan awal Mei lalu.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge