0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

RSUD Bagas Waras Butuh Tambahan Poliklinik

dok.timlo.net/aditya wijaya
RSUD Bagas Waras Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten —┬áRumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bagas Waras Klaten berkeinganan untuk menambah pelayanan poliklinik. Selain itu, RS yang terletak di Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah ini sedang menyiapkan proses akreditasi dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

“Ruang poliklinik kita hampir habis. Setelah ada ortopedi dan paru yang tersedia akhir tahun ini, kami ingin menambah poliklinik kulit, jantung, dan spesialis lainnya,” kata Direktur RSUD Bagas Waras Klaten, Limawan Budi Wibawa, Kamis (20/10).

Meski tidak wajib bagi RSUD bertipe C, pihaknya tahun depan ingin mewujudkannya dengan mengajukan anggaran ke pemerintah kabupaten (Pemkab) Klaten. Sebab, RSUD yang mulai beroperasional sejak 24 Oktober 2015 ini secara pendanaan masih disokong pemkab.

Informasi yang berhasil dihimpun, pada 2016 RSUD Bagas Waras menerima kucuran dana dari APBD Klaten senilai Rp 17 miliar. Dari dana itu, Rp 15 miliar dikelola manajemen RSUD guna menunjang seluruh kegiatan operasional, sisanya dikelola Dinas pekerjaan Umum (DPU) dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Klaten untuk mendukung pembangunan fisik.

“Dari sisi alat kesehatan kita enggak ingin tertinggal dan baru saja membeli CT Scan, USG 4, Rontgent, yang alatnya tak kalah canggih. Namun kami sadari, usia satu tahun itu ibarat tumbuh kembang bayi yang mulai belajar bicara dan jalan,” ujar Limawan kepada wartawan.

Saat ini RSUD Bagas Waras memiliki 154 unit tempat tidur yang terdiri klas VIP, klas 1 ada 20 tempat tidur, klas 2 ada 24 tempat tidur, dan klas 3 sebanyak 111 tempat tidur. Juga ada fasilitas ruang ICU, ICU Isolasi, dan PICU.

“Tingkat kepadatan kamar mencapai 60 persen dengan penilaian seorang pasien mondok di RSUD rata rata 5 hari. Kita juga ingin menjadikan RSUD sebagai RS ramah anak, salah satunya dengan membuat bangsal khusus anak,” imbuh Limawan yang menargetkan meraih akreditasi paripurna bintang lima dari KARS pada 2018.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge