0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Biar Tidak Bolos, Absensi PNS Pakai Pemindai Retina

foto: Nanin
PNS Pemkab Boyolali mulai melakukan rekam data retina untuk absensi elektronik (foto: Nanin)

Boyolali – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) tahun memberlakukan absensi elektronik melalui absensi dengan pemindai retina mulai 2017 mendatang. Saat ini, BKD mulai melakukan rekam data absensi retina hingga 3 November mendatang. Penggunaan absensi elektronik ini tindak lanjut dari surat dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(Menpan RB) RI nomor B /2338 M PANRB/06/ 2015 tentang Optimalisasi absensi elektronik bagi Aparat Sipil Negara.

“Kita mulai di lingkungan Setda dulu, baru nanti SKPD dan 19 kecamatan,” kata Kepala BKD Boyolali, Karseno, Rabu (19/10).

Dijelaskan, pemberlakukan absensi elektronik melalui retina sebagai upaya peningkatan produktivitas kinerja PNS di lingkungan Pemkab. Yang lebih penting lagi adalah peningkatan disiplin PNS. Nantinya, absensi PNS tidak bisa diwakilkan.

“Absensinya kan pakai retina, jadi tidak bisa diwakilkan ataupun dipalsukan, tidak bisa membolos lagi,” tambah Karseno.

Absensi elektronik sendiri akan dilaunching akhir November ini. Sedangkan awal Desember hingga akhir akan dilakukan ujicoba.

Absensi ini baru akan diberlakukan mulai 2017 mendatang. Sedangkan untuk operasional, disesuaikan dengan jadwal masuk PNS di Boyolali.

Yaitu, Hari Senin hingga Kamis mulai pukul 07.15 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Sedangkan Jumat masuk pukul 07.00 WIB dan pulang pukul 11.30 WIB.

“Khusus guru akan disesuaikan dengan jadwal di sekolahan,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge