0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puluhan Siswa Berlomba Membuat Souvenir

foto: Putra
Rio Ardhi Wardana menyelesaikan handycraftnya. (foto: Putra)

Sukoharjo – Puluhan siswa berlomba membuat kerajinan tangan khas Sukoharjo di Alun-Alun Satya Negara yang digelar Dinas POPK, Rabu (19/10). Juara pertama diraih siswa SMA N Tawangsari dengan menciptakan patung dari kayu dan daun mangga kering.

“Saya membuat sejenis patung seorang penari dengan kostum batik terbuat dari daun mangga kering, prosesnya lumayan rumit tapi sebenarnya mudah. Dan bahan yang digunakan mudah didapatkan dengan memanfaatkan barang bekas tidak dipakai,” kata pememang lomba kreativitas pelajar, Rio Ardhi Wardana, Rabu (19/10).

Puluhan siswa dari berbagai sekolah menengah negeri maupun swasta membuat karya seni kerajinan tangan sejak pagi hingga siang. Mereka membuat berbagai macam jenis kerajinan tangan, mulai dari patung, lukisan, ukiran, hiasan dinding hingga miniatur kendaraan.

Ada persyaratan khusus dalam lomba yang digelar kali ini. Meskipun hasil karya cukup bagus, jika tidak sesuai tema tidak akan dinilai. Tema yang diangkat kali ini, memanfaatkan bahan mudah didapat, tidak terlalu rumit, mempunyai ciri khas Sukoharjo dan ada unsur lukisan di dalam setiap karya.

“Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi para peserta dalam membuat karya mereka. Dan yang paling penting dari bahan yang mudah didapat dan mempunyai ciri khas Sukoharjo karena akan kita tetapkan sebagai souvenir khas Sukoharjo,” tandas Kabid Pemuda Dinas POPK, Suhartana.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge