0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tanggul Sungai Samin Longsor, Warga Moro Ketar-Ketir

dok.timlo.net/putra kurniawan
Tanggul Sungai Samin longsor (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Tanggul penahan Sungai Samin di Desa Kadokan, Kecamatan Grogol longsor dan menutup saluran drainase sejak dua bulan yang lalu dan juga belum dilakukan perbaikan. Akibat dari longsor ini, satu kampung di Dusun Moro selalu terendam banjir karena air tidak bisa mengalir tertahan material longsor.

“Longsornya sudah dua bulan ini, dulu masih kecil sekitar 10 meter saja, namun karena tidak diperbaiki saat ini sudah mencapai 23 meter. Kondisi ini mengakibatkan banjir di kampung kami jika terjadi hujan,” kata salah satu warga Dusun Moro, Budi, Rabu (19/10).

Warga sudah berusaha memperbaiki tanggul semampunya dengan peralatan sederhana, namun kembali longsor saat hujan turun beberapa hari kemudian. Sejak saat itu perbaikan belum juga dilakukan, sehingga ketika turun hujan, kampong di sekitar tanggul selalu terendam banjir.

Warga berharap kepada semua pihak yang berwenang untuk segera memperbaiki tanggul yang longsor sejak dua bulan lalu. Pasalnya, selain selalu mengakibatkan banjir, warga juga merasa resah jika sewaktu-waktu Sungai Samin meluap bisa menjebol tanggul dan banjir besar bisa terjadi.

“Ini sudah muncul retakan lagi di samping longsoran, dan kondisi ini sangat meresahkan warga jika sewaktu-waktu terjadi hujan lebat dan Sungai Samin meluap. Kami sudah tidak bisa membayangkan apa yang terjadi, bisa habis kampong kita ini,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge