0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dinsosnakertrans: Job Fair Kejar Kepastian Penempatan Kerja

dok.timlo.net/aditya wijaya
Klaten Job Fair 2016 (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Klaten mengklaim mengejar kualitas penempatan kerja dibanding kuantitas perusahaan penyedia kerja. Hal itu ditegaskan menyusul adanya keluhan pengunjung Klaten Job Fair 2016, di Gedung Sunan Pandanaran RSPD Klaten, Selasa-Rabu (18-19/10).

“Kita memang tidak mengejar gebyar kuantitas stand perusahaan penyedia kerja, tapi kepastian penempatan kerjanya,” kata Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Klaten, Rinto Patmono, Rabu (19/10).

Sementara, Staf Fungsional Pengantar Kerja Kementerian Tenaga Kerja, Dinsosnakertrans Klaten, Ratri Wiryani mengatakan, pihaknya melakukan proses seleksi pengisi stand job fair secara ketat, tidak asal-asalan. Sehingga dari lebih 100 perusahaan, hanya mengerucut menjadi 50 stand.

Perusahaan dari Soloraya dan luar Jawa itu menyediakan 9161 lowongan kerja dari berbagai latar pendidikan untuk mengisi sektor industri tekstil, pakaian jadi, penerbitan dan percetakan, perdagangan, otomotif, dan sebagainya. Diharapkan, kegiatan tersebut mampu mempertemukan pencari kerja dan dunia usaha untuk mengurangi pengangguran dan penanggulangan kemiskinan di Klaten.

“Yang dilamar berapa, yang diterima (kerja) berapa, itu harus pasti. Kalau perlu langsung tes ditempat. Dan ini memang perusahaan yang sudah berkomitmen kepada kami. Sedangkan dari 50 perusahaan pengisi stand, ada 10-15 perusahaan yang siap menjadi cadangan. Bahkan kemarin (Selasa, 18/10) ada tiga perusahaan yang sudah terpenuhi pencariannya,” kata Ratri.

Ditanya soal jumlah pengunjung Klaten Job Fair yang menginjak tahun kelima itu, pihaknya mencatat, Selasa (18/10) kemarin, mencapai 3.196 orang. Adapun mayoritas pencari kerja latar belakang pendidikannya SMA/SMK sederajat sebanyak 1.897 orang.

“Target kami sebanyak 2500 orang dengan berbagai latar belakang pendidikan. Tapi pada hari pertama kemarin justru sudah melebihi target. Meski begitu, untuk penyelenggaraan berikutnya kami tetap akan melakukan perbaikan agar lebih baik,” jawab Ratri.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge