0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awang Behartawan Terinspirasi Kehidupan Sehari-Hari

Karya dua dimensi Fragtal karya Awang Behartawan diapresiasi penikmat seni fotografi (timlo.net/indira jayendra iswari)

Solo – Siklus kehidupan sehari-hari yang terus berulang menggugah kreatifitas Awang Behartawan dalam berkarya seni dua dimensi. Seniman jebolan Modern School of Design (MSD), Yogjakarta ini kembangkan seni fotografi digital dengan konsep fragtal.

“Sejak 2015 saya terinspirasi untuk bekerja dengan konsep fragtal. Fragtal ada dimana-mana, hewan, manusia, tumbuhan, dan kehidupan itu sendiri,” jelasnya saat ditemui Timlo.net pada gelaran bertajuk ‘Repetitions’ di Amaris Hotel, Solo, Selasa (18/10) malam.

Dipaparkan Awang, fragtal merupakan bentuk keberlangsungan dan pengulangan. Secara filosofis merupakan visualisasi kehidupan dari berbagai sudut pandang. Fragtal dikatakan memiliki detail yang tak terhingga dan memiliki struktur serupa diri pada setiap tingkat perbesaran yang berbeda. Hal tersebut tampak dari objek yang ditangkap dan diolah.

“Kali ini saya mengambil objek kerang laut dari berbagai angle, karena strukturnya unik dan tegas. Kemudian diolah secara digital dengan Adobe Photoshop dan Adobe Photoshop Lightroom,” bebernya.

Disinggung mengenai alasan memilih kerang laut sebagai objek, Awang mengatakan, struktur kerang laut sama seperti kehidupan. Siklusnya berulang dari lingkaran kecil hingga berakhir di lingkaran terbesar.

“Keberlanjutan dan pengulangan itu hidup, entah dari tradisi, adat, bahkah kemajuan teknologi,” ungkapnya.

Selain memilih kerang laut sebagai objek, Awang juga berkreasi dengan objek lain. Seperti sayuran dengan objek Romanesco Broccoli serta struktur pohon.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge