0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Repetitions Sajikan Karya Artistik Dua Dimensi

Rikke Darling saat menjelaskan konsep lukisan karyanya pada pengunjung (timlo.net/indira jayendra iswari)

Solo – Pameran kolaborasi fotografi digital dan lukisan ‘Repetitions’ di Amaris Hotel, Solo resmi dibuka Selasa (18/10) hingga Senin (24/10). Dibuka dengan apik alunan musik etnik Hey Mister ini menyajikan 10 karya fotografi digital karya Awang Behartawan dan 16 lukisan karya Rikke Darling.

“Karya kali ini mengambil obyek kerang laut dari Pantai Sundak sebagai pendekatan wilayah Jawa Tengah. Merupakan perpaduan karya fotografi dan editing menghasilkan konsep fragtal dengan mengolah struktur pada kerang ke tingkat perbesaran yang berbeda hingga potongan terkecil,” jelas Awang saat ditemui Timlo.net.

Berbeda dengan Awang, lukisan karya Rikke mengusung wujud serupa sel-sel organik dalam tubuh manusia. Dia memaparkan, ingin menanamkan kesan aspek gelap kehidupan organik.

“Melalui pola sel-sel dalam tubuh, saya ingin membangun cerita antara kehidupan manusia dan serangga,” jelasnya.

Dia menjelaskan salah satu filosofi lukisannya, tampak semut membangun diantara pattern sel darah. Mengambil warna dasar tanah, yakni cokelat dengan sentuhan warna hijau untuk mengekspresikan rumput. Bermakna, semut bekerja gotong-royong sama seperti tentara militer.

“Tak jarang orang yang mengekspektasikan berbeda, karena mereka memiliki sudut pandang sesuai latar belakang kehidupannya. Namun saya senang, dengan begitu karya saya diapresiasi,” kata dia.

Salah satu mahasiswa fotografi ISI Surakarta, Bimo Wisnu Atmojo, menilai pameran duet ini sangat artistik.

“Karya fotografinya menarik, menonjolkan sisi keindahan kerang laut sebagai objek. Sedangkan lukisan Rikke sangat filosofis, perlu pemahaman yang agak lama untuk menafsirkan maksudnya,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge