0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jepang Tawarkan Kereta Semi Cepat

merdeka.com
ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Jepang menawarkan pembangunan proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya. Pemerintah sendiri tengah mempertimbangkan penawaran tersebut.

“Kita jangan dibilang hanya China mulu (yang dapat proyek). Kita ada alternatif lain yaitu Jepang. Jadi supaya berimbang,” kata Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Selasa (18/10).

Menko Luhut mengaku prinsipnya pemerintah mencari harga termurah untuk proyek ini. Namun, andai nantinya negeri Sakura tidak memberikan penawaran yang efisien dalam negosiasinya, maka pemerintah terpaksa untuk mencari konsorsium lain.

“Kita cari yang murah, tapi kalau Jepang tidak bisa kasih murah ya kita cari alternatif lain. Karena ini akan memiliki dampak ekonomi yang lebih besar,” tuturnya.

Mantan kepala staf presiden ini menambahkan, pihaknya saat ini masih melakukan kajian dan studi bersama BPPT. Dalam 2 minggu ke depan, Menko Luhut akan kembali menyambangi Jepang untuk memastikan proyek mana saja yang akan berjalan dengan Indonesia.

“Kita berharap tanggal 9-10 November kita akan lihat lebih tajam lagi di Jepang. Selama ini hubungan kita karena kereta cepat Jakarta – Bandung itu timbulkan kegoyahan, sekarang sudah baik lagi,” jelas dia.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge