0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Minum Saat Tidak Haus Justru Bisa Membunuh Kita

Dok: Timlo.net/ Google Images.
Air mineral. (Dok: Timlo.net/ Google Images.)

Timlo.net—Para dokter, ilmuwan dan orang-orang terdekat seringkali mengingatkan kita untuk minum air delapan gelas per hari. Tapi apakah kebiasaan ini adalah kebiasaan yang bermanfaat untuk kesehatan?

Ternyata tidak karena para ahli sekarang memperingatkan jika minum di saat kita tidak haus justru bisa membunuh kita. Minum air secara berlebihan mengaktifkan larangan menelan protektif di otak. Tapi menurut penelitian baru, saat kita memaksa diri minum lebih dari yang dibutuhkan tubuh, mekanisme ini dikesampingkan. Hasilnya adalah orang keracunan air.

Saat kita minum air berlebihan, kita akan mengalami hiponatremia. Hiponatremia adalah kondisi di mana tingkat sodium vital di dalam darah menjadi rendah secara abnormal. Kondisi ini membuat tubuh kita mudah lelah, mual, kejang-kejang dan bahkan koma. Jika tidak dirawat, dalam hitungan jam kita bisa mati.

Pemimpin penelitian Dr. Michael Farrel dari Monash University, Melbourne, Australia berkata: “Jika kita hanya melakukan apa yang tubuh kita perintahkan kita mungkin akan baik-baik saja—hanya minum saat kita haus bukan berdasarkan jadwal yang kita rancang.”

“Di sini untuk pertama kalinya kami menemukan adanya usaha untuk menelan setelah minum air berlebih yang berarti mereka harus mengatasi sebuah kendala. Hal ini sesuai dengan pendapat kami jika refleks menelan menjadi terhambat sekali air yang diperlukan diminum,” tambahnya.

Akan tetapi Dr. Farrell berkata jika orang tua tidak cukup minum air dan harus menjaga asupan air mereka. Penelitian ini diterbitkan online di the Proceedings of the National Academy of Sciences.

Sumber: DailyMail.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge