0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PDAM Solo bakal Digelontor Modal Rp15 Miliar

dok.timlo.net/red
Ketua Fraksi Demokrat Nurani Rakyat (FDNR) DPRD Solo, Supriyanto (dok.timlo.net/red)

Solo — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) mengenai Penyertaan Modal Pemerintah Daerah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) ke DPRD Kota Solo. Total modal yang disodorkan Pemkot mencapai Rp 15 miliar.

“Kemarin, mereka (perwakilan Pemkot Solo —Red) telah menyerahkan Raperda ke kami,” terang Ketua Fraksi Demokrat Nurani Rakyat (FDNR) DPRD Kota Surakarta, Supriyanto, Selasa (18/10).

Terkait modal tersebut, Supriyanto mengaku akan diberikan secara bertahap dalam APBD 2016 dan 2017 mendatang. Penyertaan modal tersebut bakal diwujudkan dalam bentuk peremajaan dan penambahan jaringan pipa distribusi utama, aksesoris jaringan serta jembatan pipa.

“Di APBD 2016 akan diberikan Rp 10 miliar dan sisanya yang Rp 5 miliar akan diberikan di 2017,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya legislatif telah membentuk panitia khusus (Pansus) yang membahas penyertaan modal untuk penghapusan hutang PDAM sebesar Rp 48 miliar. Selanjutnya, aspek yang bakal didorong terkait pelayanan utamanya distribusi air.

“Pengajuan sudah disetujui. Kami sudah membentuk pansus untuk melakukan pembahasan. Kami harap pelayanan air bersih ini bisa segera terwujud,” harapnya.

Sementara, Anggota Fraksi PDIP DPRD Kota Solo Ekya Sih Hananto mengatakan, dengan adanya Pansus Penyertaan Modal diharapkan mampu memberi jawaban atas keluhan masyarakat terhadap layanan PDAM.

“Harapannya, penyertaan modal dapat berfungsi menyediakan sarana untuk kebutuhan masyarakat,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge