0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sejumlah Jalur Evakuasi Bengawan Solo Rusak

foto: Nanang
Permukaan sungai Bengawan Solo (foto: Nanang)

Sukoharjo — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) menginventarisir jalur evakuasi di sepanjang bantaran Bengawan Solo. Hasil penelusuran, masih banyak jalur evakuasi yang harus segera diperbaiki.

“Penelusuran yang kami lakukan secara khusus untuk menginventarisir jalur evakuasi banjir di bantaran Bengawan Solo. Mengingat pentingnya jalur ini, masih banyak yang harus segera diperbaiki,” kata Kepala BPBD Sukoharjo, Suprapto, Senin (17/10).

Sejumlah jalur di Kecamatan Polokarto, Grogol dan Mojolaban masih terdapat titik jalur evakuasi yang perlu segera diperbaiki. Namun tidak sedikit jalur evakuasi yang sudah sangat baik, seperti di Desa Laban, Desa Gadingan dan Desa Telukan sudah diaspal hotmiks.

Sedangkan untuk wewenang perbaikan jalur evakuasi rusak ada pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan desa atau kelurahan setempat. Dengan demikian, BPBD meminta ada penanganan secepatnya, mengingat saat ini sudah masuk musim penghujan dan jalur evakuasi sangat penting saat terjadi bencana banjir.

“Jadi tidak hanya tempat evakuasinya saja yang dieprsiapkan, tetapi jalur sebagai sarana mobilisasi menjadi bagian yang sangat penting. Diantaranya berguna untuk menjemput korban maupun mendistribusikan makanan saat banjir,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge