0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemilihan BEM UNS Sebagai Uji Coba Pemilu

timlo.net/eko prasetyo
Pemilihan BEM UNS (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Pemilihan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) tidak lama lagi akan dilangsungkan. Momentum itu bakal dijadikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo sebagai laboratorium untuk Ujicoba Pemilu 2019.

“Pelaksanaan pemilu raya BEM UNS semua pelaksananya mahasiswa. Kami hanya memberikan asistensi terhadap teknis, tahapan maupun pelaksanaan pemilihan. Ini merupakan bagian untuk meningkatkan kualitas demokratisasi di masyarakat,” kata Ketua KPU Kota Surakarta Agus Sulistyo di sela kegiatan sosialisasi pelaksanaan di Auditorium Fakultas Teknik UNS, Solo, Senin (17/10).

Menurut Agus, proses pemilihan yang dilaksanakan BEM hampir sama dengan model Pemilu 2019 mendatang. Seperti akan ada pemilihan anggota DPR,DPRD, sekaligus presiden.

“Kegiatan tersebut merupakan pembelajaran bagi KPU untuk persiapan Pemilu 2019 mendatang. Dari kegiatan itu diharap ada pemetaan potensi kerawanan maupun kesulitan lain yang bisa segera diantisipasi secara teknis,” jelasnya.

Kegiatan itu, menurut Agus, KPU juga menyediakan fasilitas untuk pelaksanaan pemilihan umum seperti halnya bilik suara, kotak suara, bantalan dan perangkat memilih lainnya sejumlah sekitar 100 buah. Untuk tahapan maupun aturan main dalam pemilu, disusun semdiri oleh mahasiswa. Namun pada beberapa poin, KPU memberikan masukan pada mahasiswa agar proses demokratisasi yang mereka lakukan bisa optimal.

Sementara itu, menurut penyelenggara Pemilihan Presiden BEM UNS Ardian Gilang Ramadan, dalam pemilu BEM UNS nanti diikuti lima parpol di kampus yakni Partai Asmara, Partai Kemaki, Partai Bara, Daun Muda dan Gemilang.

“Kelima parpol tersebut mengusung dua kandidat presiden BEM,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge