0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Bencana Musim Penghujan, BPBD Dirikan Empat Posko

merdeka.com
Ilustrasi Banjir (merdeka.com)

Klaten — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten bakal mendirikan empat posko siap siaga bencana. Pasalnya, cuaca ekstrem diprediksi akan terjadi pada bulan Oktober hingga November mendatang yang merupakan periode awal musim hujan.

“Posko siaga bencana sesuai instruksi Gubernur (Ganjar Pranowo-Red) pada rapat siaga bencana se-Jawa Tengah. Posko itu bertujuan sebagai pemetaan dan pengamatan bencana yang terjadi,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Klaten, Bambang Giyanto, Senin (17/10).

Empat posko siap siaga bencana itu berada di wilayah Kecamatan Kemalang, Bayat, Cawas, dan markas induk BPBD Klaten. Pembentukan posko telah diusulkan ke provinsi dan menunggu pengesahan Dana Siap Pakai (DSP).

Alasan pemilihan lokasi berdasarkan potensi bencana di wilayah tersebut dan sekitarnya. Kecamatan Kemalang dipetakan sebagai wilayah rawan bencana longsor. Sedangkan Bayat dan Cawas dilihat sebagai wilayah rawan banjir lantaran menjadi daerah aliran anak sungai Bengawan Solo.

“Di kedua wilayah ini juga memiliki potensi longsor, begitu juga wilayah di sekitarnya lantaran memiliki kontur yang berbukit. Sehingga diharapkan dengan adanya posko ini dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat,” jelas Bambang.

Selain posko, BPBD juga menggelar sosialisasi kepada 15 kelompok relawan. Klaten sendiri memiliki 55 kelompok relawan dengan anggota tiap kelompok sekitar 30-40 orang.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge