0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Walikota Risma Jadi Pembicara di Ekuador

merdeka.com
Walikota Surabaya, Tri Rismaharini diundang menjadi pembicara (merdeka.com)

Timlo.net – Walikota Surabaya, Tri Rismaharini diundang menjadi pembicara di beberapa forum internasional dalam rangka Konferensi Habitat III. Diantaranya, World Mayor Assembly, Special Session on Public Space dengan tema Ruang Publik, Side Event Regional Implementation of the New Urban Agenda dengan tema Kerjasama Antar Daerah.

Kemudian High Level Panel dengan tema Kesenjangan terhadap anak-anak dan Pembangunan Perkotaan, dan Side Event Towards a More Equal City dengan tema Pemukiman dan Pengembangan Kampung.

Dalam World Mayor Assembly, Risma menyinggung persamaan gender sebagai salah satu elemen kunci mewujudkan pembangunan perkotaan yang berkelanjutan.

“Setiap wanita berhak menikmati pendidikan layak, mengekspresikan diri dalam budaya, serta berpartisipasi aktif dalam hal ekonomi dan politik secara setara dengan kaum pria,” ujar Risma dalam pidatonya di Agora Casa de la Cultura, Quito, Ekuador, Senin (17/10).

Menurut Risma, persamaan gender merupakan fondasi pengembangan kota. Untuk itu, alumni Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya ini mendorong agar lebih banyak perempuan mengikuti pemilihan kepala daerah maupun menduduki posisi strategis di dewan perwakilan rakyat (DPR).

Risma juga mengapresiasi para kepala daerah wanita yang hadir di forum internasional tersebut, seperti dari Eropa, Afrika, Amerika, Timur Tengah dan Asia.

Para pemimpin wanita, menurut Risma, mampu memberikan contoh positif bagi anak-anak perempuan di seluruh dunia. Mereka semua (para pemimpin wanita) juga mempunyai hak sama untuk berhasil.

Di sisi lain, mantan Kepala Bappeko Kota Surabaya ini, juga mengucapkan terima kasih kepada para pemimpin dari kaum pria.

“Terima kasih atas dukungan anda terhadap perjuangan kami dalam hal persamaan gender,” kata Risma di hadapan 300 lebih kepala daerah seluruh dunia.

[rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge